Senin, Desember 15, 2025
Google search engine
BerandaBantenEvent Halal Fair Persembahan WPCitra Digelar Selama 3 Hari di ICE BSD

Event Halal Fair Persembahan WPCitra Digelar Selama 3 Hari di ICE BSD

Siberbanten.id – Sebagai pamungkas rangkaian event, WPCitra menggelar Halal Fair di ICE BSD Tangerang terhitung selama tiga hari 6-8 Desember 2024.

Tercatat, lebih dari 150 exhibitor dari sejumlah sektor bisnis diantaranya, Fashion, Halal Culinary, Umrah Hajj Travel, Multiproduk & Merchandise.

Bukan sekedar ritel, pada Halal Fair kali ini juga akan berkonjungsi dengan Halal  Indonesia International Trade Show (HIITS) sebagai wahana jejaring bisnis UMKM halal ke pasar global.

Sejumlah negara seperti Mesir, Malaysia, Uzbekistan dan Tunisia siap menjadi mitra kolaborasi dan promosi pelaku bisnis halal nasional.

Project Director WPCitra, Satrio Sukur mengatakan, sebagai bentuk komitmen untuk mendorong kemajuan bisnis produk halal dan meningkatkan literasi ekonomi syariah.

“Halal Fair yang kami selenggarakan sejak 2019 selalu menyuguhkan sesuatu yang baru untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang dinamis. Sesuai dengan misi Never Stop In Halal Ways, Halal Fair siap menjadi bagian solusi mewujudkan Indonesia pusat halal dunia,” tandas Satrio Sukur.

Gelaran Halal Fair ini lanjut Satrio Sukur, juga merupakan suatu bentuk dukungan penuh bagi pemerintahan Prabowo-Gibran atas keberlanjutan program ekonomi syariah dan halal sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Bahkan, Satrio Sukur menegaskan, jika Halal Fair kali ini merupakan pamungkas dari rangkaian event yang telah digelar di Jakarta dan Jogjakarta sehingga dikemas lebih kreatif dalam nuansa festival yang memberikan ambiance liburan akhir tahun.

“Tak hanya itu, skalanya pun lebih besar dengan menyandingkannya bersama Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) sebagai wahana jejaring bisnis UMKM halal ke pasar global. Sejumlah negara seperti Mesir, Malaysia, Uzbekistan, Australia dan Tunisia siap menjadi mitra kolaborasi dan promosi pelaku bisnis halal nasional,” tandasnya.

Satrio Sukur pun, optimis program-program acara yang selalu refresh dan sajian produk halal berkualitas ini bisa menarik puluhan ribu pengunjung.

“Target sebanyak 30 ribu pengunjung selama tiga hari,” ucapnya.

Misi Halal Fair untuk mendorong terwujudnya Indonesia sebagai pusat halal dunia, menjadi perhatian penting WPCitra. Karena itu, perhelatan kali ini, Halal Fair membidik segmentasi ritel sekaligus bisnis.

“Halal Fair bisa menjadi wahana memperkuat ekosistem bisnis halal dan gaya hidup halal yang terintegrasi, mulai dari keluarga, komunitas hingga lingkup yang lebih luas yaitu manca negara,” ungkap Satrio Sukur.

Sementara itu, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Ahmad Haikal Hasan mengapresiasi penyelenggaraan Halal Fair yang diselenggarakan konsisten oleh WPCitra sejak 2019.

Babeh Haikal juga mengingatkan, adanya UU yang mewajibkan sertifikasi halal bertujuan untuk melindungi masyarakat sebagai konsumen produk, sekaligus memberikan kemudahan bagi pelaku usaha sebagai produsen dalam menghasilkan produk berkualitas.

“Kesadaran konsumen atas preferensi produk halal semakin tinggi. Jadi memang sertifikasi halal sudah menjadi kebutuhan. Selain itu, sertifikasi halal juga mempermudah pelaku usaha jika ingin ekspansi ke pasar global,” tandasnya.

Bagi pelaku bisnis yang ingin menjajal pasar ekspor Malaysia dan Australia, terdapat sejumlah program talkshow menarik dan solutif langsung dari praktisi bisnisnya, diantaranya talkshow Rahasia Sukses Ekspor Produk Halal ke Australia yang menghadirkan Atase Perdagangan RI di Canberra, Agus Haris Setiawan.

Kemudian, talkhshow mengupas Tips Menembus Pasar Malaysia dan Mesir, juga dihadirkan narasumber dari praktisi bisnis untuk sharing pengalaman dan mengkoneksikan dengan jaringan mitra bisnisnya secara langsung.

Sektor bisnis kuliner menjadi salah satu favorit pengunjung, karena itu pada gelaran kali ini, pengunjung bisa menikmati keseruan kulineran di ajang Halal Culinary Festival yang menghadirkan Amanda Master Chef Indonesia dan Heru Master Chef Indonesia.

Dalam Chef’s Table Experience – pengunjung bisa berinteraksi langsung menikmati makanan sambil ngobrol akrab dengan Chef-nya, Cooking Live Show, Talkshow bisnis halal dan seputar produk makanan halal, Food Market dengan promo spesial dan sebagainya.

Bahkan untuk anak-anak, bisa mengukuti program Koki Cilik – berkreasi donat Jepang dari Nakambun.

Halal Fair juga berkolaborasi dengan RIHLA, rangkaian kajian Islam yang dikemas kreatif dalam konsep seminar yang memadukan narasi, visualisasi dan multimedia – film pendek dan tilawah.

Bagi pengunjung keluarga tidak perlu khawatir, ada RIHLA Kids – Halal Play Park terbesar seluas 800 m2 yang dirancang khusus untuk anak hingga usia 12 tahun.

Mereka bisa menikmati berbagai zona permainan yang penuh petualangan seru dan edukatif. Seperti menjajal Toddler Station yang aman dan interaktif, zona craft & painting, fun games dan science show yang siap memukai anak-anak dengan eksperimen menarik.

Hadir pula sejumlah public figure dalam rangkaian program acara diantaranya Ricky Harun, Herfiza, Dini Aminarti, Uki Kautsar, Cut intan, dan Nadzira Shafa Aska.

Sebanyak 12 Asatidz juga siap memberikan sharing dengan berbagai tema, mulai dari keluarga, muamallah hingga bisnis. Konsultan Waris Planning, Ustadz Muhammad Abu Rivai, salah satunya siap membongkar tentang kaidah pembagian warisan keluarga dalam tajuk talkshow “Warisan Menjadi Harta Haram”.

Pengunjung berkesempatan konsultasi dalam intimate session langsung dengan Asatidz.

Bulan Ramadhan yang tinggal dalam hitungan bulan tentu menjadi momen selebrasi berbagi kaum muslimin, Halal Fair menjadi pasar produk fashion syar’i yang menjadi incaran konsumen.

Sejumlah brand fashion kenamaan memberikan promo spesial dan meluncurkan produk terbarunya seperti Vanara, Najaah Taqeeya, Amanaya, Purnamasari Devi, Hajar dan sebagainya. Fashion ikhwan juga tak kalah eksis diantaranya ada Fadkhera, Muslim Madani, Samase, Serumpun, Al Amura, Fadsan, Esembe dan lainnya.

Sejumlah loyal sponsor yaitu Wardah, Kahf dan Biodef pun siap memberikan promo spesial untuk pengunjung. Acara ini juga mendapat dukungan dari BPJPH, LPPOM MUI, MES Jakarta, Kemenparekraf, dan KNEKS.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments